Selasa, 08 September 2020

Apa itu unsur, senyawa, dan campuran

 


Sebelum itu, kita pahami dulu yuk apa itu ilmu kimia.
Ilmu kimia itu adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dan perubahan suatu materi. jadi, materi di kimia itu ada banyak yah.

Penggolongan Materi

Materi atau zat adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Partikel dibagi menjadi 2, yaitu zat tunggal dan campuran.

Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi.
Contohnya : Alumuniun(Al), Oksigen(O), Natrium(Na), emas(Cu),dsb. 

Senyawa adalah gabungan dari dua atom atau lebih. senyawa dibagi menjadi 2, bila penyusunnya sejenis disebut molekul unsur. 
Contohnya : H2, O2, Cl2, dsb.
sedangkan, apabila penyusunnya berbeda maka disebut molekul senyawa.
Contohnya : H2O, NaCl, C6H12O6, CH3COOH, C2H5OH

Campuran adalah gabungan dua zat tunggal atau lebih yang bercampur dengan perbandingan beda-beda tanpa melewati reaksi kimia. campuran dibedakan menjadi 2 jenis yaitu,

1. Campuran Homogen (larutan)

    Campuran homogen adalah campuran dua zat atau lebih yang komposisi pada semua bagiannya sama. disebut komposisi nya sama karena bila di campur tidak terlihat ada yang berubah dari awalnya.

Contohnya, Air + garam = larutan garam, jika dilihat sekilas masih terlihat seperti air biasa, namun rasa asin dari garamnya sudah menyatu dengan air sehingga airnya menjadi asin, begitupun dengan larutan gula dan lainnya.

2. Campuran Heterogen

    Campuran heterogen adalah campuran dua zat atau lebih yang komposisi pada semua bagiannya berbeda. dibilang berbeda karena komponen penyusunnya masih terlihat jelas. campuran heterogen terbagi menjadi  dua, yaitu suspensi dan koloid

suspensi dan koloid dapat dibedakan berdasarkan ukuran partikelnya. ukuran partikel suspensi lebih besar dari koloid. namun perlu diingat, kedua campuran ini partikelnya lebih besar dari campurah homogen, sehingga nsh terlihat jelas.

Contoh suspensi, ait + tanah. mau di aduk seberapa lama pun masih akan tetap terliat ada tanah diatas wadah
Contoh koloid, susu, mentega, santan, dll. koloid dapat dilihat secara mikrokopis, jika dilihat secara kasat mata maka akan terlihat seperti campuran homogen, namun sebenarnya tidak. untuk lebih lanjut tentang koloid, ada di materi kelas 11.




1 komentar:
Write komentar

Join Our Newsletter