Jumat, 05 Januari 2018

pengertian Folklore, mitos, legenda,dan dongeng

Posted byFugaki   on Pinterest


A. Folklore

       Folklore adalah adata istiadat tradisional dan cerita rakyat yang diwariskan secara turun temurun.Folklore terbagi manjadi 2 macam, folklore lisan dan non tulisan. Folklore lisan adalah folklore yang disebarluaskan dan diwariskan dalam bentuk lisan, seperti teka-teki, dan puisi rakyat. Folklore non lisan adalah folklore dalam bentuk benda-benda kuno, misal, arsitektur rakyat, kerajinan tanganm pakaian, dll.

B. Legenda

       Legenda adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi yang ceritanya dihubungkan telah dibumbui keajaiban, kesaktian, dan keistimewaan tokohnya, contohnya, Kisah Ratu Calon Arang di Bali, Danau Toba di Sumatera, Sangkuriang di Jawa Barat, dll.

C. Dongeng

       Dongeng adalah ceerita rakyat yang tidak benar-benar terjadi. Misalnya, si kancil di Jawa, Jaka Tarub dari Jawa Timur, dongeng Pasir Kumang dari Jawa Barat.

D. Upacara

       Upacara adalah sarangkaian tindakan atau perbuatan yang terkait pada aturan tertentu berdasarkan adat istiadat, agama, dan kepercayaan. Antara lain, Upacara penguburan, perkawinan, dan pengukuhan kepala suku.

E. Lagu-Lagu Daerah

       Adalah syair-syair yang ditembangkan dengan irama menarik dalam bentuk lisan, Lagu rakyat dikenal dengan sebutal 'Folkseng'. Misalnya, Cing Cangkeling dari Jawa Barat, Cik-Cik- Periok dari Kalimantan Barat, lagu Hoho dari Nias.

F. Mitos

        Asal kata mitos, yang artinya kepercayaan caerita atau dongeng tanpa dasar yang kuat dan bukan sejarah. contohnya, kisah Nyi Roro Kidul.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Join Our Newsletter